23 May 2015

Naskah Stand Up Comedy Koplak Terbaru 2015, 2016 komika terbaik

Naskah Stand Up Comedy Koplak Terbaru 2015, 2016 komika



Stand up comedy, humor monolog yang dibawakan secara tunggal beberapa tahun terakhir ini lagi ngetrend dan banyak digemari. Bukan hanya di Indonesia tapi di seluruh dunia. Contoh naskah materi stand up comedy dan video celotehan kocak para comic banyak beredar secara online di internet lewat youtube dan bisa di download secara gratis.
Kali ini saya akan mencoba tulis contoh naskah stand up comedy koplak versi ngawur . Terus terang ini kali pertama saya bikin artikel tentang stand up comedy. Jadi mohon dipersorry kalo hasilnya gak lucu, kurang kocak, agak garing, kurang greget, sedikit sinting, kurang memancing tawa dll (kalo norak udah pasti haha). Maklum... biasanya nulis naskah komedi putar. Hiks....
Inilah contoh naskah stand up comedy tema “Ringan” super koplak terbaru karya Republik Gondes.
(Keluar panggung. Langkah diagah-gagahin, tebar senyum kanan kiri, pegang microfon / mig, ambil napas dalam-dalam buat ngilangin nervous. Lalu... lets gets down....!! Hihi...)

Selamat pagi, siang atau malam.... – tergantung waktunya

Perkenalkan nama saya siapa....  


Kali ini saya akan mengambil tema yang ringan aja yaitu tentang kapas. Soalnya kalo ngambil tema besi baja terlalu berat.


Mungkin para sobat ada yang berpikir: Kalo kapasnya sekontainer kan berat juga.


Tepat sekali! Jalan pikiran sobat sangat jauh. Cocok untuk menikmati joke cerdas para comic. Karena konon bin katanya, materi stand up comedy yang baik itu harus cerdas. Harus bisa memancing penonton bermain logika untuk ketawa. Jangan sampai pemirsa diajak main gaple atau domino.


Kan bahaya itu. Bisa ditangkap polisi.

Ini polisi beneran bro... Bukan polisi tidur.


Ngomongin tentang kapas, saya teringat dengan bantal. Bantal saya terbuat dari kapas. Gulingnya juga. Kasurnya juga. Tapi kecoanya tidak.

(Nungguin, kali aja ada yang ketawa. Katanya comic yang baik harus kasih kesempatan audiens untuk ketawa dulu. Tapi sayangnya gak ada yang ketawa...)

Gara-gara males bersihin bantal, banyak kecoa di kamar saya. Kecoa dari seluruh dunia pada ngumpul semua. Gokil banget tuh kecoa. Emang kamar saya markas PBBK?

Tahu singkatan dari PBBK? Persatuan Bangsa-Bangsa Kecoa

(Alhamdulillah, ada beberapa penonton yang ketawa) Yang ketawa berarti salah satu anggotanya hahaha...

Selain kecoa, makhluk ngeselin lainnya yang suka  nyelempit di bantal kasur kapas adalah kutu busuk. Cuma satu sih... Tapi temennya banyak.


Parah banget tuh kutu. Udah dikasih minyak seliter, tetep aja baunya busuk. Udah gitu bikin mama saya... cie... panggil mama – biasanya panggil emak. Mama saya marah banget karena minyak gorengnya ilang seliter.


Mama teriak, “siapa yang ambil minyak goreng mama?”

Ya saya jawab, “kutu busuk, Ma...”

Terang aja mama tambah sewot. Mama bilang, “Kutu busuk kepala gondrong? Dasar kutu kupret!”

Hadew.. parah... (sambil garung-garuk kepala dan ngelirik rambut gondrong)

Kembali soal kapas...

Kapas itu melambangkan kemakmuran. Lihat aja di lambang garuda pancasila. Di sila kemakmuran bagi seluruh rakyat Indonesia, dilambangkan dengan gambar padi dan kapas. Kenapa gak diganti kecoa dan kapas ya?


Atau kutu busuk dan kapas?

Kan yang suka tidur di atas kasur kapas itu kutu busuk?

Iya kan? Mana ada padi di atas kasur?

Gak percaya?

Coba periksa kasurnya. Tak bakalan nemui padi deh. Yang pasti ada itu kutu busuk... plus kecoa.

Uff.... (ambil napas panjang. Lumayan groginya udah mulai berkurang).

Kemaren di kasur kapas saya ada pergulatan seru. Maaf, ini bukan cerita parno. Jangan berpikir ngeres lho ya.

Iya, pergulatan seru antara kutu busuk dan kecoa. Mereka berebut untuk duduk di atas kursi..., sorry maksudnya kasur kapas. Kalo yang berantem rebutan kursi sih di senayan...

Lho, kok saya ngomongnya ngelantur ke urusan politik sih? Hehehe...(ketawa. Salah satu trik untuk menguasai panggung dan menutupi pada saat lagi “blank”. Kata Raditya Dika sih oke, wajar. Kata Om Indro Warkop DKI: Terusin aja biar dapat kompor gas)

Tapi ada benernya juga sih...

Antara rebutan kursi dan rebutan kasur itu cuma beda tipis. Sama-sama ada kapasnya.

Sama kayak kutu busuk dan kecoa di kasur saya. Mereka bergelut seru berebut kasur

Kata kecoa : “Ini kasur saya.”

Kutu busuk bilang : “Bukan. Ini kasur saya.”

Tiba-tiba ada tikus datang dan membentak :”Diam...!! Kenapa kalian ribut? Ini kasur saya!”

Kecoa dan kutu busuk terdiam. Kecoa merayap lunglai lalu tidur di guling kapas. Kutu busuk merayap lunglai lalu tidur di bantal kapas.

Saya juga merayap lunglai... lalu tidur... di atas lantai.

Oke, saya siapa...

Terima kasih, Selamat pagi siang atau malaaam.........!!
(Penonton melongo. Tapi beberapa saat kemudian suasana gedung pertunjukan riuh rendah. Penonton berdiri sambil bertepuk tangan memberi standing applous. Saya sempat Ge eR. Tapi lalu tersenyum kecut. Ternyata oh ternyata..... Mereka tertawa ngakak karena melihat Babe Cabita, salah satu penonton yang selama saya tampil tadi ketiduran sambil ngiler, tiba-tiba terjatuh dari kursi dengan muka nyungsep di atas saus tomat!)


Terimakasih sudah membaca artikel ini, silahkan tinggalkan komentar dibawah ini :)

Cara Mengkilapkan Batu Cincin Permata Dengan Mudah Dan Cepat

Cara Mengkilapkan Batu Cincin Permata Dengan Mudah Dan Cepat

Cara Mengkilapkan Batu Cincin Permata Dengan Mudah Dan Cepat

Mengkilapkan batu cincin permata atau akik merupakan aktivitas menyenangkan dan biasanya sering dilakukan oleh kebanyakan penggemar batu di sela-sela waktu luang mereka. Namun aktivitas menyenangkan seperti itu bisa menjadi masalah terhadap batu yang dimiliki, jika tidak tahu cara melakukannya karena bisa jadi batu yang semula dalam kondisi baik, justru berubah rusak dan menjadi buram
Oleh sebab itu, sebelum melakukan treatmment pada permata, sebaiknya memahami dengan baik cara melakukannya untuk menjaga kemungkinan batu menjadi rusak, baik disebabkan cara menggosok yang salah atau bisa karena penggunaan bahan-bahan yang seharusnya tidak boleh digunakan untuk jenis permata tertentu.
cara mengkilapkan permata -M0019I8382110Mengkilapkan batu cincin biasanya dilakukan karena merasa kurang puas dengan kondisi batu yang dianggap tidak sesuai dengan keinginan, seperti buram, tidak rata dan sebagainya. Hanya saja perlu dilakukan secara berhari-hati trutama untuk jenis permata dengan tingkat kekerasan rendah karena akan menyebabkan batu menjadi tergores sehingga menghilangkan keindahannya.
Baca Juga: Cara Batu Bacan Cepat Kristal
Berikut ini cara sederhana dan mudah agar permata lebih mengkilap dan tidak menyebabkan kerusakan jika terjadi kesalahan. :
  • Gosok permata dengan aluminium foil atau kertas bagian dalam bungkus rakok, cara menggosok, lakukan secara berlahan dan tidak terlalu menekan batu. Gunakan alas yang lembut seperti karet atau bahan yang tidak membuat batu tertekan.
  • Menggosok batu menggunakan kulit dengan dasar lembut (tidak kasar) seperti bekas dompet, atau tas yang sudah tidak terpakai
  • Menggunakan bambu, cara ini banyak dilakukan tapi sebaiknya berhati-hati dan pilihlah bambu dengan permukaan halus (tidak terlalu kasar
  • Menggosok batu memakai klaras pisang (daun pisang kering), pastikan alas daun pisang tidak keras
  • Menggunakan serbuk intan, biasanya banyak dijual di toko penjual batu permata
Beberapa cara diatas berlaku untuk permata yang sudah jadi, namun permukaan masih belum terlihat rata dan belum mengkilap secara sempurna. Namun sebaiknya sebelum melakukan penggosakan pastikan anda mengenal karakter batu yang anda miliki, karena untuk jenis permata dengan kekerasan rendah seperti batu pirus biasanya lebih mudah termakan saat digosok untuk itu sebaiknya lakukan secara berlahan. Hal yang perlu diketahui juga, untuk mengkilapkan batu permata tidak perlu terburu-buru, biasnya membutuhkan waktu berhari-hari untuk mendapatkan hasil yang bagus.

Demikian yang dapat saya rangkum, bila kurang jelas bisa tinggalkan komentar dibawah ini :)
Batu Cincin Akik Termahal Dan Populer di Indonesia dan Dunia

Batu Cincin Akik Termahal Dan Populer di Indonesia dan Dunia

Batu Cincin Akik Termahal Dan Populer

Batu cincin terbaik dan paling populer atau terkenal, baik di Indoensia maupun di mancanegara 2015 – Cincin merupakan perhiasan yang sudah dikenal dan dikenakan banyak orang sejak ribuan tahun lalu baik bagi wanita maupun pria. Cincin diletakkan pada jari tangan dan dan melingkar pada bagian jari manis atau jari tengah. Belakangan ini batu cincin akik/permata telah menjadi buruan banyak orang
Secara tradisi biasanya cincin terbuat dari logam mulia, perak atau campuran dari bahan-bahan lain seperti tembaga, perunggu, kuningan krom dan lain-lain. Untuk memperindah tampilan sebuah cincin dilengkapi dengan ukiran dan dihias dengan permata seperti intan, berlian atau batu akik.


Jika selama ini, cincin batu permata banyak digunakan kalangan orang-orang yang sudah dewasa namun belakangan cincin sudah banyak digunakan kalangan muda dan remaja bahkan saat ini cincin dengan batu akik telah menjadi tren dan gaya hidup, sehingga harga batu cincin semakin mahal karena semakin banyaknya peminat dari berbagai kalangan. Berikut ini jenis batu cincin akik populer dan termahal di Indonesia :
1. Batu Bacan
1 batu-bacanBatu bacan merupakan jenis batu mulia/akik asal Indonesia dan banyak ditemukan di daerah Halmahera Selatan Maluku Utara tepatnya di pulau bacan. Jenis batu bacan paling populer dan banyak dicari jenis batu bacan doko dan batu bacan palamea.
Kedua jenis batu ini menag tengah menjadi incaran, baik bagi penghobi maupun kolektor. Perbedaan batu bacan doko dan palamea terletak pada warnanya. Doko memiliki warna hijau gelap sedangkan jenis palamea berwarna hijau kebiruan. Harga batu bacan sendiri mulai dari ratusan ribu puluhan juta rupiah.
2. Batu cincin Safir
1 batusafirSafir merupakan batu permata yang diminati banyak kalangan baik di Indonesia maupun di berbagai negara. Namun harganya yang mahal tidak semua orang mampu memiliki jenis batu alam yang indah ini. Safir termasuk mineral yang dikenal sebagai korundum dan secara umum digunakan sebagai permata cincin yang indah atau untuk perhiasan jenis lainnya.
Batu permata ini memiliki banyak variasi warna seperti warna biru, jingga, kuning, merah muda, kehijauan dan ungu. Khasiat batu safir dipercaya untuk menenangkan pikiran dan memancarkan aura positif untuk mengembangkan daya pikir bagi pemakainya
3. Batu Cincin Zamrud
batu zamrudJenis permata ini memiliki warna hijau bening sampai hijau tua dan sudah dikenal banyak orang sejak ribuan tahun sebagai permata indah dengan harga mahal. Batu zamrud memiliki kekerasan 7.5 pada skala mohs  dan permata ini dianggap sebagai lambang kemakmuran dan kedamaian.
4. Batu Cincin Ruby
Batu Ruby sering juga disebut batu merah delima termasuk salah satu dari sekian banyak batu permata yang paling disukai di dunia termasuk di Indonesia. Harga batu ini bervariasi tergantung tingkat keunikan dan kualitasnya. Batu ruby dipercaya sebagai simbol kekuatan dan keberanian
5. Batu Topaz
blue topaz
Batu topaz memiliki banyak warna seperti kuning, biru dan jingga agak kemerahan. Jenis batu ini banyak ditemukan di banyak negara seperti Sri Lanka, Rusia, Brazil, Meksiko dan masih banyak lagi negara penghasil batu yang banyak diguakan sebagai perhiasan ini.
Seperti batu mulia pada umumnya, topaz dipercaya menandung energi alam yang bermanfaat bagi pemakainya baik yang berkaitan dengan kesehatan jazmani maupun  rohani seperti menghilangkan depresi, memaksimalkan daya kerja otak serta dipercaya bisa membawa kedamaian.
6. Batu Opal (Kalimaya)
batu kalimayaOpal atau Batu kalimaya merupakan jenis batuan mulia yang paling banyak dicari baik oleh penghobi maupun kolektor. Keindahan batu ini sudah tidak diragukan lagi, bahkan mereka yang baru mengenal batu mulia sekalipun akan tertarik dengan pesona batu yang mampu mengeluarkan aneka macam warna tersebut.
Baca Juga : Batu Kalimaya Dan Khasiatnya
Batu opal di Indonesia dikenal dengan istilah kalimaya dan banyak ditemukan di Daerah Banten. Harga batu kalimaya sendiri bervariasi tergantung kualitas layaknya batu akik pada umumnya. Harga batu opal/kalimaya termahal sekita 2.500 dollar/karat.
7. Batu Sungai Dareh
1 sungai-darehBatu akik sungai dareh termasuk salah satu batu cincin populer dan termahal saat ini. Batu asal Sumatera Selatan itu kini tengah menjadi incaran para penghobi maupun kolektor. Popularitas batu itu mulai menanjak sejak Presiden SBY dan Barak Obama (Presiden Amerika) di duga mengenakan batu tersebut di jari tangan mereka.
Harga batu sungai dareh berkualitas tentu saja sangat mahal bahkan, namun untuk kualitas sedang yang banyak dijual di pasaran lokal harganya cukup terjangkau, mulai dari ratusan ribu hingga jutaan rupiah.
8. Batu Giok
batu giokDi Indonesia batu giok sudah dikenal sejak lama, namun popularitas batu ini tidak pernah luntur, terlebih ditengah semakin tingginya penghobi batu akaik belakanhgan ini, sehingga membuat harga batu giok makin mahal.
Keindahan Giok dengan khas warna hijau banyak dijadikan sebagai perhiasan, seperti mata cincin, kalung, liontin dan lain-lain. Namun sebagian orang masih percaya bahwa batu yang sudah dikenal sejak ribuan tahun sebelum masehi di China itu dipercaya bisa membawa keberuntungan, ketentraman dan kedamaian bagi pemiliknya. Baca: Khasiat Batu Giok
9. Batu Kecubung (Amethyst)
batu akik kecubungBatu kecubung termasuk salah satu dari sekian banyak batu akik yang juga tengah menjadi incaran banyak penghobi. Warna khas ungu yang terdapat pada batu ini membuat batu yang biasa disebut Amethyst di pasaran intenternasional itu terlihat mempesona.
Tak hanya bisa dijadikan sebagai perhiasan kecubung juga dipercaya sebagai batu pembawa keberuntungan Baca : Khasiat Batu Kecubung
10. Batu Lavender
batu lavender baturajaDalam sebuah kontes nasional yang pernah diadakan beberapa waktu lalu, Jenis batu lavender spritus baturaja masuk dalam kategori batu terbaik dan berhasil memenangkan kontes, sehingga batu ini menjadi buruan banyak kolektor.
Harga batu lavender yang berhasil memenagkan kontes ditawar Rp. 175 juta namun sang pemilik belum melepasnya. Sejak saat itu batu yang banyak ditemukan di wilayah Simpang dan Segara Kembang Kecamatan Lengkiti Oku Sumatera selatan itu menjadi incaran banyak kolektor dan masuk dalam jajaran batu terpopuler baik di Indonesia maupun di pasaran internasional.
Selain batu yang telah disebutkan, sebenarnya masih banyak batu cincin terkenal dan termahal jenis lain yang saat ini tengah populer di Indonesia termasuk batu giok aceh atau lebih dikenal dengan sebutan Batu Lumut Aceh, batu obi, labrador atau jenis lain.

Terimakasih sudah membaca artikel ini, Silahkan Komentar dibawah ini bila ada yang ingin ditanyakan :)
KUMPULAN NAMA-NAMA PENEMU DI DUNIA

KUMPULAN NAMA-NAMA PENEMU DI DUNIA

Albert Einstein /Jerman Teori Relativitas
Penemu Mesin uap Adalah James Watt Berasal dari Negara Inggris
Penemu Mesin 4 tak Adalah Nicolaus Otto Berasal dari Negara Jerman
Penemu Mesin diesel Adalah Rudolf Diesel Berasal dari Negara Jerman
Penemu Mesin cetak Adalah Johannes Guttenberg Berasal dari Negara Jerman
Penemu Mesin ketik Adalah Christopher Sholes Berasal dari Negara Amerika
Penemu Radio Adalah C. Marconi Berasal dari Negara Italia
Penemu Televisi Adalah J.L. Baird & C.F. Jenkins Berasal dari Negara Amerika
Penemu Telegrap Adalah Samuel F.B. Morse Berasal dari Negara Amerika Serikat
Penemu Telepon Adalah Alexander Graham Bell Berasal dari Negara Amerika Serikat
Penemu Dinamo Adalah Michael Faraday Berasal dari Negara Inggris
Penemu Elektromagnet Adalah Williarn Sturgeon Berasal dari Negara Inggris
Penemu Bola lampu Adalah Thomas Alva Edison Berasal dari Negara Amerika Serikat
Penemu Proyektor film Adalah Thomas Alva Edison Berasal dari Negara AmerikaSerikat
Penemu Piringan hitam Adalah Alexander Graham Bell Berasal dari Negara Amerika Serikat
Penemu Batu baterai Adalah Volta Berasal dari Negara Italia
Penemu Termometer Adalah Galileo Galilei Berasal dari Negara Italia
Penemu Korek api Adalah Robert Boyle, John Walker
Penemu Kapal api Adalah Robert Fulton Berasal dari Negara Amerika Serikat
Penemu Kapal selam Adalah Cornelius van Drebbel Berasal dari Negara Belanda
Penemu Sinar Rontgen Adalah Wilhelm Conrad Rontgen Berasal dari Negara Jerman
Penemu Stetoskop Adalah Rene Laennec Berasal dari Negara Perancis
Penemu Lensa Adalah Anthony Van Leuwenhook Berasal dari Negara Belanda
Penemu Mikroskop Adalah Zacharias Janssen Berasal dari Negara Belanda
Penemu Teleskop Adalah H. Lippershey Berasal dari Negara Belanda
Penemu Kamera Adalah Louis Jacques Monde da Guerre & Edwin Land Berasal dari Negara Amerika
Penemu Pesawat terbang Adalah Wilbur dan 0. Wright Berasal dari Negara Amerika
Penemu Kereta api Adalah Murdocks Berasal dari Negara Inggris
Penemu Sepeda Adalah Civrac Berasal dari Negara Prancis
Penemu Balon terbang Adalah Sir F. Whittle
Penemu Balon karet Adalah Josep dan J. MontgolfierPenemu Ban karet Adalah Charles Goodyear Berasal dari Negara Amerika
Penemu Barometer Adalah Evangelista, Torricelli Berasal dari Negara Italia
Penemu Dinamit Adalah Alfred Nobel Berasal dari Negara Swedia
Penemu Lensa kaca mata Adalah Benyamin Franklin
Penemu Mesin hitung Adalah Blaise Pascal Berasal dari Negara Prancis
Penemu Mobil Adalah Gottlich Daimler
Penemu Motor Adalah Nikola TeslaPenemu Tank Adalah Sir Ernest Swinton Berasal dari Negara Inggris
Penemu Traktor Adalah Benyamin Holt
Penemu Tangga jalan Adalah Elis G. Otis Berasal dari Negara Amerika
Penemu Kawat pijar Adalah Irving Langmuir* Dennis Gabor, (1900-1979), 
Hungary — holography* Elmer R. Gates, (1859-1923), 
foam fire extinguisher, electric loom mechanisms, magnetic & diamagnetic separators, educational toy ("box & blocks")* William Henry Gates III, (1955-), 
Windows operating system, chief architect of Visual Basic* Robert Goddard, (1882-1945), USA 
liquid fuel rocket* Heinrich Göbel, (1818-1893), Germany
 — first functional incandescent lamp* Peter Carl Goldmark, (1906-1977), Hungary
 — vinyl record (LP)* Gordon Gould, (1920-2005), USA
 — co-inventor of laser* Richard Hall Gower, (1768-1833), England
 — ship's hull and rigging* Bette Nesmith Graham, (1924-1980), USA
 — Liquid Paper* Chester Greenwood, (1858-1937), USA
 — thermal earmuffs* James Gregory, (1638-1675), Scotland 
 — reflecting telescope* William Robert Grove, (1811-1896), Wales
 — fuel cell* Otto von Guericke, (1602-1686), Germany 
 — vacuum pump, manometer, dasymeter,* Johann Gutenberg, (c 1390s-1468), Germany
 — modern movable type printing press* Hans Wilhelm Geiger, (1882-1945), Germany
 — Geiger counter* Henri Giffard, (1825-1882), France
 — powered airship, injector* Charles Goodyear, (1800-1860), USA
 — vulcanization of rubber* Samuel Guthrie, (1782 - 1848), USA
 — discovered chloroform* James Henry Greathead, (1844-1896), South Africa
 — tunnel boring machine, tunnelling shield technique* John Hadley, (1682-1744), England
 — the sextant* James Hargreaves, (1720-1778), England
 — invented the spinning jenny* John Harrison, (1693-1776), England
 — marine chronometer* Victor Hasselblad, (1906-1978), Sweden
 — invented the 6 x 6 cm single-lens reflex camera* Rudolf Hell, (1901-2002), Germany
 — the Hellschreiber* Avram Hershko, (1937-), Hungary
 — Ubiquitin* Jozef Karol Hell, (1713-1789), Slovakia
 — the water pillar* Joseph Henry, (1797-1898), USA
 — electromagnetic relay* George de Hevesy, (1885-1966), Hungary
 — radioactive tracer* Erna Schneider Hoover, (1926-), USA
 — computerized telephone switching system* Frank Hornby, (1863-1936), England
 — invented Meccano* Heron, Greece
 — invented Aeolipile* Joseph Hon
 – book index thumb notch system for dictionaries Patent #561888* Christopher Hansteen, (1783-1873), Norway
 — discovery of terrestrial magnetism* William Harvey, (1578-1657), England
 — blood circulation in the human body* Robert A. Heinlein, (1907-1988), USA
 — waterbed* Henry J. Heinz, USA
 — tomato ketchup* Joseph Henry, (1797-1878), Scotland
 — electromagnetic relay* Heinrich Hertz, (1857-1894), Germany
 — radio telegraphy, electromagnetic radiation* Rowland Hill, (1795-1879), UK
 — postage stamp* Felix Hoffmann (Bayer), (1868-1949), Germany
 — Aspirin* Herman Hollerith, (1860-1929), USA
 — mechanical tabulator based on punched cards* Nick Holonyak, (1928- ), USA
 — LED (Light Emitting Diode)* Robert Hooke, (1635-1703), England
 — balance wheel, iris diaphragm* Coenraad Johannes van Houten, (1801-1887), Netherlands  — cocoa powder, cacao butter, chocolate milk* Elias Howe, (1819-1867), USA
 — sewing machine* Christiaan Huygens, (1629-1695), Netherlands
 — pendulum clock* János Irinyi, (1817-1895), Hungary
 — noiseless match* Sumio Iijima, (1939- ), Japan
 — nanotubes* Karl Jatho, (1873-1933), Germany
 — aeroplane* György Jendrassik, (1898-1954), Hungary
 — turboprop* Thomas Jefferson, (1743-1826), USA
 — swivel chair* Steve Jobs, (1955-), Macintosh operating system* Carl Edvard Johansson,        (1864-1943), Sweden
 — Gauge blocks* Johan Petter Johansson, (1853-1943), Sweden
 — the pipe wrench and the modern adjustable spanner* Nancy Johnson, USA
 — American version of the hand cranked ice cream machine in (1843)* Scott A. Jones, (1960-), USA
 — created one of the most successful versions of voicemail as well as ChaCha Search, a human-assisted internet search engine.* Whitcomb Judson, (1836-1909), USA
 — zipperK* Dean Kamen, (1951-), USA
 — Invented the Segway HT scooter and the IBOT Mobility Device* John George Kemeny, (1926-1992), Hungary
 — co-inventor of BASIC* Charles F. Kettering, (1876-1958), USA
 — invented automobile self-starter ignition, Freon ethyl gasoline and more* Jack Kilby, (1923-2005), USA
 — patented the first integrated circuit* Fritz Klatte, (1880-1934), Germany
 — vinyl chloride, forerunner to polyvinyl chloride* Margaret Knight, (1838-1914), USA
 — machine that completely constructs box-bottom brown paper bags* Ivan Knunyants, (1906-1990), Ukraine
 — invented Nylon-6* Willem Johan Kolff, (1911-), Netherlands
 — artificial kidney hemodialysis machine* Gleb Kotelnikov, (1872-1944), Russia
 — knapsack parachute* Stephanie Kwolek, (1923-), USA
 — Kevlar* John Howard Kyan (1774-1850), Ireland
 — The process of Kyanization used for wood preservation* Heike Kamerlingh Onnes, (1853-1926), Netherlands
 — liquify helium* Theophilus Van Kannel, revolving door (1888)* John Harvey Kellogg, (1852-1943), cornflake breakfasts* Robert Koch, (1843-1910), method for culturing bacteria on solid media* Willem Johan Kolff, Netherlands/USA, (1911- )
 — hemodialysis, pioneer in the field of other artificial organsL* Hedy Lamarr, (1913-2000), Austria and USA
 — Spread spectrum radio* Edwin H. Land, (1909-1991), USA
 — Polaroid polarizing filters and the Land Camera* Irving Langmuir, (1851-1957), USA
 — gas filled incandescent light bulb, hydrogen welding* Lewis Latimer, (1848-1928),
 — worked with Thomas Edison and patented an improved lightbulb manufacturing process* Gustav de Laval, (1845-1913), Sweden
 — invented the milk separator and the milking machine* Sergei Vasiljevich Lebedev, (1874-1934), Russia
 — synthetic rubber* Tim Berners-Lee, (1955- ) England
 — World Wide Web* Justus von Liebig, (1803-1873), Germany
 — nitrogen-based fertilizer* Frans Wilhelm Lindqvist, (1862-1931), Sweden
 — Kerosene stove operated by compressed air* Archibald Low, (1882-1956), Britain
 — Pioneer of radio guidance systems* Giovanni Luppis, (1813-1875), Austrian Empire (ethnical Italian)
 — self-propelled torpedo* René Laënnec, (1781-1826), France
 — stethoscope* Karl Landsteiner, (1868-1943), Austria — classification of blood groups* Samuel P. Langley, (1834-1906), USA
 — bolometer* John Bennet Lawes, (1814-1900), England
 — superphosphate or chemical fertilizer* Antoni van Leeuwenhoek, (1632-1723), Netherlands — development of the microscope, discovery of bacteria, spermatozoa and celled organisms* Jean-Joseph Etienne Lenoir, (1822-1900), Belgium
 — internal combustion engine, motorboat* Willard Frank Libby, (1908-1980), USA
 — Radiocarbon dating* Otto Lilienthal, (1848-1896), Germany
 — air glider* Hans Lippershey, (1570-1619), Netherlands
 — telescope* Auguste and Louis Lumière, France
 — CinématographeM* Ma Jun, (c. 200-265 AD), China, South Pointing Chariot (for navigation, see differential gear), mechanical puppet theater, chain pumps, improved silk looms* Charles Macintosh, (1766-1843), Scotland
 — waterproof raincoat, life vest* George William Manby, (1765-1854), England
 — Fire extinguisher* Guglielmo Marconi, (1874-1937), Italy
 — radio, transatlantic radiosignals* John Landis Mason, (1826-1902), USA
 — Mason jars* Henry Maudslay, (1771-1831), England
 — screw-cutting lathe, bench micrometer* James Clerk Maxwell (1831-1879) and Thomas Sutton Scotland
 — colour photography* John McAdam, (1756-1836), Scotland
 — improved "macadam" road surface* Elijah McCoy, (1843-1929), Canada
 — Displacement lubricator* Hippolyte Mège-Mouriés, (1817-1880), France
 — margarine* Antonio Meucci, (1808-1889), Italy — telephone (prototype)* Edouard Michelin, (1859-1940), France
 — pneumatic tyre* Narcis Monturiol i Estarriol, (1819-1885), Spain
 — steam powered submarine* Robert Moog, (1934-2005), USA
 — the Moog synthesizer* Montgolfier brothers, (1740-1810) and (1745-1799), France
 — hot-air balloon* John J. Montgomery, (1858-1911), USA
 — heavier-than-air gliders* Samuel Morey, (1762-1843), USA
 — internal combustion engine* Garrett A. Morgan, (1877-1963), USA
 — inventor of the gas mask, and traffic signal.* Samuel Morse, (1791-1872), USA
 — telegraph* Jozef Murgas, (1864-1929), Slovakia
 — inventor of the wireless telegraph (forerunner of the radio)* William Murdoch, (1754-1839), Scotland
 — Gas lighting* Pieter van Musschenbroek, (1692-1761), Netherlands
 — Leyden jar, pyrometerN* Yoshiro Nakamatsu, (1928-), Japan
 — Floppy disk (world record holder for over 3,000 patented inventions)* John von Neumann, (1903-1957), Hungary
 — Von Neumann computer architecture* Isaac Newton,(1642-1727), England
 — reflecting telescope (which reduces chromatic aberration)* Jun-Ichi Nishizawa, (1926-), Japan
— Optical communication system, SIT/SITh (Static Induction Transistor/Thyristor), Laser diode, PIN diode* Alfred Nobel, (1833-1896), Sweden
 — dynamite* Carl Rickard Nyberg, (1858-1939), Sweden
 — the blowtorch* John Napier, (1550-1617), Scotland
 — logarithms* James Nasmyth, (1808-1890), Scotland
 — steam hammer* Joseph Nicephore Niépce, (1765-1833), France
 — photographyO* Theophil Wilgodt Odhner, (1845-1903), Sweden
 — the Odhner Arithmometer, a mechanical calculator* Elisha Otis, (1811-1861), USA
 — passenger elevator with safety device* J. Robert Oppenheimer , (1904-1967), USA
 — the father of the atomic Dome* Hans Christian Ørsted, (1777-1851), Denmark
 — electromagnetism, aluminiumP* Helge Palmcrantz, (1842-1880), Sweden
 — the multi-barrel, lever-actuated, machine gun* Les Paul, (1915-), USA
 — Multitrack recording* Spede Pasanen, (1930-2001), Finland
 — The ski jumping sling* Slavoljub Eduard Penkala, (1871-1922), Croatia
 — mechanical pencil* Gustaf Erik Pasch, (1788-1862), Sweden
 — the safety match* Arthur Paul Pedrick, England
 — chromatically selective cat flap and others* Henry Perky, (1843-1906), USA
 — Shredded wheat* Peter Petroff, (1919-2004), Bulgaria
 — digital wrist watch, heart monitor, weather instruments* Christopher Polhem, (1661-1751), Sweden
 — the modern padlock* Olivia Poole, (1889-1975), USA,
 — the Jolly Jumper baby harness* Baltzar von Platen, (1898-1984), Sweden
 — refrigerator* Mihajlo Pupin, (1858-1935), Serbia
 — pupinization (loading coils), tunable oscillator* Tivadar Puskas, (1844-1893), Hungary
 — telephone exchange* Daniel David Palmer, (1845-1913), Canada
 — Chiropractic* Luigi Palmieri, (1807-1896), Italy
 — seismometer* Alexander Parkes, (1831-1890), England
 — celluloid* Blaise Pascal, (1623-1662), France
 — barometer* Charles Algernon Parsons, (1854-1931), British
 — steam turbine* John Pemberton, (1831-1888), USA
 — Coca-Cola* Joseph Plateau, (1801-1883), Belgium
 — phenakistiscope (stroboscope)* James Leonard Plimpton, USA
 — roller skates* George Pullman, (1831-1897), USA
 — Pullman sleep wagonR* Wilhelm Conrad Röntgen, (1845-1923), Germany
 — the X-ray machine* Josef Ressel, (1793-1857), Czechoslovakia
 — ship propeller* John Roebuck, (1718-1794) England
 — lead chamber process for sulfuric acid synthesis* Erno Rubik, (1944-), Hungary
 — Rubik's cube, Rubik's Magic and Rubik's Clock* Karl von Reichenbach, (1788-1869), paraffin, creosote oil, phenol* Ira Remsen, (1646-1927), USA
 — saccharin* Charles Francis Richter, (1900-1985), USA
 — Richter magnitude scale* Ernst Ruska, (1906-1988), Germany
 — electron microscopeS* Hassan Kamel Al-Sabbah, (1895-1935), Lebanon
 — solar power, cathode ray tube* Kees A. Schouhamer Immink (1946- ), Netherlands Major contributor to development of Compact Disc* Augustus Siebe, (1788-1872), Saxony&England Inventor of the standard diving dress* Alberto Santos-Dumont, (1873-1932), Brazil
 — non-rigid airship and airplane* Isidor Sauers, (1948- ), inventor of a process for measuring the degradation of SF6 in high-voltage systems* Adolphe Sax, (1814-1894), Belgium
 — saxophone* Christian Schnabel (1878-1936), German, designed simplistic food cutleries* August Schrader, USA
 — Schrader valve for Pneumatic tire* David Schwarz, (1852-1897), Croatia
 — rigid ship, later called Zeppelin* Bela Schick, (1877-1967), Hungary
 — diphtheria test* Iwan Serrurier, (active 1920s), Netherlands/USA
 — inventor of the Moviola for film editing.* Mark Serrurier, (190?-1988), USA
 — Serrurier truss for Optical telescopes* William Bradford Shockley, (1910-1989), USA
 — co-inventor of transistor* Werner von Siemens, (1816-1892), Germany
 — an electromechanical "dynamic"* Sir William Siemens, (1823-1883), Germany
 — regenerative furnace* Igor Sikorsky, (1889-1972), Ukraine — helicopter* Charles Simonyi, (1948-), Hungary
 — Hungarian notation* Aurel Stodola, (1859-1942), Slovakia - gas turbines* Elmer Ambrose Sperry, (1860-1930), USA
 — gyroscope-guided automatic pilot* Reverend Dr Robert Stirling (1790-1878), Scotland
 — Stirling engine* Levi Strauss, (1829-1902), USA
 — blue jeans* John Stringfellow, (1799-1883), England
 — airplane* Almon Strowger, (1839-1902), USA
 — automatic telephone exchange* Su Song, (1020-1101), China, invented the first hydraulic-powered astronomical clock tower that operated an armillary sphere with the escapement mechanism and chain drive* Simon Sunatori, (1959-), Canada
 — inventor of Sunatori Pen* Joseph Swan, (1828-1914), England
 — Incandescent light bulb* Thomas Savery, (1650-1715), England
 — steam engine* Marc Seguin, (1786-1875), France
 — wire-cable suspension bridge* Henry Shrapnel, (1761-1842), England
 — Shrapnel shell ammunition* Augustus Siebe, (1788-1872), Germany
 — standard diving dress* Isaac Singer, (1811-1875), USA
 — sewing machine* Percy Spencer, (1894-1970), USA
 — microwave oven* George Stephenson, (1781-1848), England
 — steam locomotive* Simon Stevin, (1548-1620), Netherlands
 — land yachtT* Bernhard Tellegen, (1900-1990), Netherlands pentode* Edward Teller (Ede Teller), (1908-2003), Hungary
 — hydrogen bomb* Nikola Tesla, (1856-1943), Serbian-Croatian-American
 — developer of the Tesla Coil and inventor of the induction motor, alternating current polyphase power distribution system, wireless communication, robotics, logic gates, the bladeless turbine, radio, VTOL aircraft, etc.* Kalman Tihanyi, (1897-1947), Hungary
 — co-inventor of cathode ray tube and iconoscope* Benjamin Chew Tilghman, (1821-1897), USA
 — sandblasting* Alfred Traeger, (1895-1980), Australia
 — the pedal radio* Franc Trkman, (1903-1978), Slovenia
 — electrical switches, accessories for opening windows* Alan Turing, (1912-1954), England
 — the Turing machineU* Lewis Urry, (1927-2004), Canada
 — long-lasting alkaline battery* Hub van Doorne, (1900-1979), Netherlands, continuously variable transmission* Louis R. Vitullo, (1924?-2006), United States
 — developed the first sexual assault evidence kit* Alessandro Volta, (1745-1827), Italy
 — battery* Faust Vrancic, (1551-1617), Croatia
 — parachuteW* Barnes Wallis, (1887-1979), England
 — bouncing bomb* Robert Watson-Watt, (1892-1973), Scotland
 — microwave radar* James Watt, (1736-1819), Scotland
 — improved Steam engine* Jonas Wenström, (1855-1893), Sweden
 — three-phase electrical system* George Westinghouse, (1846-1914), USA
 — Air brake* Charles Wheatstone, (1802-1875), England
 — concertina, stereoscope, microphone, Playfair cipher* Eli Whitney, (1765-1825), USA
 — the cotton gin* Frank Whittle, (1907-1996), England
 — co-inventor of the jet engine* Otto Wichterle, (1913-1989), Czechoslovakia
 — invented modern contact lenses* Paul Winchell, (1922-2005), USA
 — the artificial heart* Edmund Wingate, (c.1593-1656), England
 — straight slide rule* A. Baldwin Wood, (1879-1956), USA
 — high volume pump* Granville Woods, (1856-1910), USA
 — the Synchronous Multiplex Railway Telegraph* The Wright brothers, Orville Wright, (1871-1948) and Wilbur Wright, (1867-1912), USA
 — powered airplane* Bruce Wydner, (1935-), USA
 — inventor of Cost-Effective Machine Translation* Arthur Wynne, (1862-1945), England
 — creator of crossword puzzle* Thomas Wedgwood, (1771-1805), England
 — first (not permanent) photographY* Hidetsugu Yagi, (1886-1976), Japan
 — Yagi antenna* Yi Xing, (683-727), China, invented the first hydraulic-powered armillary sphere that used the escapement mechanism* Arthur M. Young, (1905-1995), USA
 — the Bell HelicopterZ* Zhang Heng, (78-139), China, invented the first hydraulic-powered armillary sphereSadi Carnot 1796-1832/Prancis penemu Carnot cycle dan Hukum Thermodynamik IICarl Friedrich Gauss 1777-1855/Jerman 

terlalu banyak utk disebutkan, paling banyak kontribusinya di teori2 matematika Leonhard Euler 1707-1783/JermanSwiss sama kayak gauss, terlalu banyak kontribusinya dibidang ilmu pengetahuan alam dan matematik untuk disebutkan. yang paling kesohor, bilangan euler "e=2,71828..."Max Planck 1858-1947/Jerman Quantum Theori.Carl Benz bersama Gottlieb Daimler / dua2nya Jerman penemu AutocarKarlheinz Brandenburg 1954 /Jerman penemu MP3 format yg di pake sekarang di MP3 PlayerHeinrich Hertz/ Jerman penemu Gelombang Mhz, Khz...Manfred von Ardenne /Jerman penemu Televisi


Segini aja dulu, definisi lengkapnya tentang tokoh tersebut silahkan cari di mbah gugel, soalnya pegel tangan ngetiknya, hehe :)

maaf ya guys :)

Sejarah Bapak Penemu Internet: Leonard Kleinrock

Bapak Penemu Internet: Leonard Kleinrock

Penemu Internet
Internet saat ini telah menjadi salah satu fitur yang tak bisa lepas dari kehidupan manusia urban. Dengan adanya internet, akses informasi menjadi begitu cepat bahkan seolah tak berbatas dan berjarak lagi. Dampak positif internet ini ikut merubah pola interaksi di dalam masyarakat. Tak terbilang berapa dampak positif atas keberadaan internet ini. Meski harus diakui terdapat segelintir dampak negatif juga. Tapi apapun itu, internet telah lebur di dalam kehidupan masyarakat dan menambah kualitas yang tak ternilai. Tahukah Anda siapa penemu internet? Hampir semua orang memakai jaringan internet dalam mempermudah kehidupan mereka namun tak semua orang mengenal siapa tokoh yang berjasa menemukan internet tersebut. Boleh jadi Anda salah satunya.


Leonard Kleinrock, adalah tokoh atau ilmuan yang dijuluki sebagai bapak internet. Julukan ini melekat pada dirinya sebab ia memang tokoh penemu internet. Leonard Kleinrock lahir di Amerika Serikat tepatnya di New York pada tanggal 13 Juni tahun 1934. Ia seorang insinyur sekaligus seorang ilmuan dengan gelar professor komputer di UCLA, sebuah sekolah teknik juga sains yang cukup bergengsi. Leonard Kleinrock mulai disorot atas keberhasilannya menciptakan internet pada tahun 1969 tepatnya di tanggal 29 oktober. atas penemuan internet ini, ia dijuluki sebebai ilmuan besar abad ini. Penemuan internet ini sebenarnya didasarkan atas ketidaksengajaan Leonard Kleinrock dalam memecah beberapa kode digital dan kemudian menjadikannya paket terpisah satu sama lainnya. Berkat kejeniusannya ini, Leonard Kleinrock kemudian menjadi salah seorang pelopor atau pionir sistem jaringan komunikasi berbasis digital dan ia juga ikut masuk ke dalam tim yang membantu proses pengembangan ARPANET.

Kejeniusan Leonard Kleinrock dimulai sejak ia menempuh pendidikan. Ia memang dikenal sebagai salah satu pelajar yang menonjol. Ia menyelesaikan sekolah menangah atasnya di Bronx High School of Science dan kemudian melanjutkannya ke City College of New York pada jurusan ilmu komputer. Selanjutnya, di tahun 1959 ia telah berhasil meraih gelar master. Dan, pada tahun 1963, gelar Ph.D sudah melekat di belakang namanya. Setelah menyelesaikan semua jenjang pendidikan, karirnya kemudian dimulai dengan bergabung sebagai pengajar di UCLA atau Universitas California Los Angeles.

Di tahun 1988, Leonard Kleinrock ditunjuk sebagai ketua dari Kelompok Jaringan Nasional yang ditujukan untuk Kongres Amerika Serikat. Dalam menjalankan tugasnya, mereka menyusun laporan penelitian yang sangat berpengaruh dan diaplikasikan dalam pengembangan Computing High Performance dan memiliki implikasi pada perkembangan dunia internet yang Anda dan semua orang gunakan saat ini. Leonard Kleinrock adalah penemu internet dan merintisnya dari hal sederhana sehingga menjadi sesuatu yang kompleks dan multifungsi seperti saat ini. Dunia jauh lebih mudah dengan keberadaan internet, karena itu tak ada salahnya berterimakasih pada tokoh jenius bernama Leonard Kleinrock, bukan

Mengenal Adam Smith Lebih Dekat lengkap

Mengenal Adam Smith Lebih Dekat


John Adam Smith (lahir di Kirkcaldy, Skotlandia, 5 Juni 1723 – meninggal di Edinburgh, Skotlandia, 17 Juli 1790 pada umur 67 tahun), adalah seorang filsuf berkebangsaan Skotlandia yang menjadi pelopor ilmu ekonomi modern. Karyanya yang terkenal adalah buku An Inquiry into the Nature and Causes of the Wealth of Nations (disingkat The Wealth of Nations) adalah buku pertama yang menggambarkan sejarah perkembangan industri dan perdagangan di Eropa serta dasar-dasar perkembangan perdagangan bebas dan kapitalisme. Adam Smith adalah salah satu pelopor sistem ekonomi Kapitalisme. Sistem ekonomi ini muncul pada abad 18 di Eropa Barat dan pada abad 19 mulai terkenal di sana.

Kemakmuran Negara (Wealth of Nations) dan yang lebih kecil pengaruhnya Teori Moral Sentimen, telah menjadi titik awal untuk segala pertahanan atau kritik atau bentuk kapitalisme, yang terpenting dalam tulisan Marx dan ekonomi manusia. Karena kapitalisme laissez-faire seringkali dihubungkan dengan keegoisan tak terkontrol, ada gerakan baru yang menekankan filosofi moral Smith, dengan fokus simpati kepada seseorang.

Ada beberapa kontroversi tentang keaslian Kemakmuran Negara Smith; beberapa orang menyangkal hasil kerjanya hanyalah tambahan biasa kepada kerja pemikir seperti David Hume dan Baron de Montesquieu. Dan, banyak teori-teori Smith hanya menggambarkan trend sejarah menjauh dari mercantilisme, menuju perdagangan-bebas, yang telah berkembang selama beberapa dekade, dan telah memiliki pengaruh yang nyata dalam kebijakan pemerintah. Namun begitu, buku ini mengorganisasi pemikiran-pemikiran mereka secara luas, dan tetap menjadi suatu buku yang paling berpengaruh dan penting dalam bidangnya sekarang ini.


Sumber : Blogger Sidrap

Perjalanan Karir Adam Smith Sebagai Tokoh Ekonomi Dunia

Perjalanan Karir Adam Smith Sebagai Tokoh Ekonomi Dunia


Adam Smith dikenal luas dengan teori ekonomi '"laissez-faire" yang mengumumkan perkumpulan di abad 18 Eropa. Smith percaya akan hak untuk memengaruhi kemajuan ekonomi diri sendiri dengan bebas, tanpa dikendalikan oleh perkumpulan dan/atau negara. Teori ini sampai pada proto-industrialisasi di Eropa, dan mengubah mayoritas kawasan Eropa menjadi daerah perdagangan bebas, membuat kemungkinan akan adanya pengusaha. Dia juga dikenal sebagai "Bapak Ekonomi" versi barat.

Pada umur 13, Smith memasuki Universitas Glasgow, di mana dia belajar filosofi moral di bawah"si orang yang tidak boleh dilupakan" (sebagaimana Smith memanggilnya) Francis Hutcheson. Di sini, Smith mengembangkan keinginan kuatnya akan kebebasan, akal sehat, dan kebebasan berpendapat. Tahun 1740 dia dianugerahi Snell exhibition dan memasuki Kampus Balliol, Oxford, tetapi seperti William Robert Scott katakan, "Universitas Oxford dalam masanya memberikan sedikit jika bantuan mana pun yang diberikan apa yang harusnya merupakan kerja seumur hidupnya," dan dia meninggalkan universitas itu tahun 1746.

Dalam Buku ke V dari The Wealth of Nations, Smith berkomentar pada instruksi kualitas rendah dan aktivitas intelektual yang berjumlah sedikit dibandingkan dengan di Skotlandia. Komentarnya ditujukan pada orang-orang yang dianugerahi kekayaan dari kampus-kampus Oxford dan Cambridge, di mana membuat pemasukan dari para profesor tidak berdasarkan pada kemampuan mereka untuk menarik murid, dan pada fakta bahwa orang-orang yang menyaru sebagai men of letters bisa menikmati kehidupan lebih nyaman dari menteri di Church of England.

Pada 1762 senat akademik dari Universitas Glasgow bertemu dalam titel Doktor Hukum Smith. Pada akhir 1763, dia mendapatkan tawaran menggiurkan dari Charles Townshend (yang dikenalkan ke Smith oleh David Hume), untuk mengajar anak tirinya, Duke of Buccleuch. Smith akhirnya pensiun dari keprofesorannya dan dari 1764-66 berkelana bersama muridnya, kebanyakan di Perancis, di mana dia datang untuk menemui pemimpin intelektual seperti Turgor, Jean D'Alembert, Andre Morrelet, Helvetius dan, khususnya, Frangois Quesnay, kepala dari Sekolah Psiokrat yang karyanya dihormati oleh Smith sangat tinggi.

Dalam perjalanan pulangnya ke Kirkaldy, Smith dipilih menjadi anggota Royal Society dari London dan dia mendedikasikan kebanyakan sepuluh tahun berikutnya pada magnum opusnya, The Wealth of Nations, yang muncul tahun 1776. Buku tersebut diterima dengan baik dan membuat sang pengarang terkenal.

Sumber : Blogger Bugis

Ini Dia Strategi Menguasai Pasar Lengkap

Ini Dia Strategi Menguasai Pasar Lengkap

STRATEGI PASAR
Pasar adalah salah satu dari berbagai sistem, institusi, prosedur, hubungan sosial dan infrastruktur dimana usaha menjual barang, jasa dan tenaga kerja untuk orang-orang dengan imbalan uang. Barang dan jasa yang dijual menggunakan alat pembayaran yang sah seperti uang fiat. Kegiatan ini merupakan bagian dari perekonomian. Ini adalah pengaturan yang memungkinkan pembeli dan penjual untuk item pertukaran.

Persaingan sangat penting dalam pasar, dan memisahkan pasar dari perdagangan. Dua orang mungkin melakukan perdagangan, tetapi dibutuhkan setidaknya tiga orang untuk memiliki pasar, sehingga ada persaingan pada setidaknya satu dari dua belah pihak. Pasar bervariasi dalam ukuran, jangkauan, skala geografis, lokasi jenis dan berbagai komunitas manusia, serta jenis barang dan jasa yang diperdagangkan.

Beberapa contoh termasuk pasar petani lokal yang diadakan di alun-alun kota atau tempat parkir, pusat perbelanjaan dan pusat perbelanjaan, mata uang internasional dan pasar komoditas, hukum menciptakan pasar seperti untuk izin polusi, dan pasar ilegal seperti pasar untuk obat-obatan terlarang.
Secara garis besar, strategi pasar diklasifikasikan menjadi 5 kelompok, yaitu:

I. STRATEGI CAKUPAN PASAR
Strategi Pasar Tunggal
Yaitu dengan cara memilih ceruk pasar yang unik (unique niche). Pasar yang dipilih bisa berupa segmen yang terabaikan atau kurang terlayani. Dalam rangka menerapkan strategi ini ada beberapa persyaratan yang harus dipenuhi:
  1. Melayani pasar dengan sungguh-sungguh, meskipun terdapat kesulitan pada mulanya.
  2. Menghindari persaingan dengan perusahaan-perusahaan yang telah mapan.
Strategi Multi Pasar
Dalam strategi ini, perusahaan beberapa pasar yang berbeda. Usaha yang bisa dilakukan berupa:
  1. Menjual produk yang berbeda dalam segmen pasar yang berlainan
  2. Mendistribusikan produk yang sama kepada sejumlah segmen yang berbeda.
Tujuan strategi ini adalah untuk mendiversifikasikan dan mengurangi resiko, sehingga tidak bergantung pada satu segmen saja. Dengan demikian apabila suatu segmen pasar mengalami guncangan atau penurunan, maka secara keseluruhan perusahaan tidak terlalu berpengaruh.

Strategi Pasar Keseluruhan
Strategi ini dilaksanakan dengan cara melayani seluruh spektrum pasar dengan menjual produk-produk yang terdiferensiasi kepada segmen- segmen pasar yang berbeda. Tujuan strategi ini adalah untuk menyaingi semua produk dalam pasar. Umumnya hanya perusahaan-perusahaan yang dominan dan telah mapan yang dapat menerapkan strategi ini.

II. STRATEGI GEOGRAFIS PASAR
Dapat dibagi menjadi empat macam, yaitu:

Strategi Pasar Lokal
Strategi ini dijalankan dengan melakukan konsentrasi usaha di suatu daerah tertentu yang relatif terbatas dan masih dekat lokasi perusahaan.

Strategi Pasar Regional
Ada dua sasaran utama dari penerapan strategi ini, yaitu:
  1. Untuk mendiversifikasi resiko sehingga tidak hanya bergantung pada satu bagian dari suatu wilayah.
  2. Mempertahankan pengendalian yang tersentralisassi
Strategi Pasar Nasional
Strategi ini ditandai dengan beroperasinya perusahaan secara nasional dengan tujuan untuk meningkatkan pertumbuhan dan memperluas jangkauan pelayanan. Hasil yang ingin dicapai adalah meningkatnya pertumbuhan, pangsa pasar dan laba.

Strategi Pasar Internasional
Cakupan wilayah geografis dalam strategi ini sangat luas, yaitu meliputi beberapa negara.

III. STRATEGI MEMASUKI PASAR
Secara garis besar, ada tiga pilihan strategi, yaitu:

First-In Strategy
Dalam strategi ini, perusahaan berusaha menjadi pionir dengan jalan memasuki pasar pertama kali sebelum ada perusahaan lain yang melakukannya. Tujuannya adalah untuk meraih keunggulan dan kepemimpinan dalam persaingan, sehingga para pesaing sukar menyamainya.

Keunggulan strategi ini antara lain berupa kesempatan untuk menjadi pemimpin pasar, memperoleh pangsa pasar yang cukup besar, serta harga yang relatif lebih murah daripada para pesaing yang masuk kemudian. Sedangkan resikonya bisa membutuhkan investasi yang besar, resiko kegagalan dalam pengenalan produk baru, biaya riset, dan lain-lain.

Early-Entry Strategy
Strategi ini dilakukan dengan memasuki pasar segera setelah pelopor pasar memulainya. Tujuannya adalah untuk mencegah agar pelopor pasar jangan sampai dapat menciptakan posisi yang kuat dalam pasar.
Persyaratan yang perlu diperhatikan dalam strategi ini antara lain:
  1. Perlu strategi pemasaran yang superior
  2. Dibutuhkan sumber daya yang besar
  3. Komitmen yang kuat untuk menantang market leader.
Laggard-Market-Entry Strategy
Strategi ini merupakan strategi memasuki pasar dalam tahap pertumbuhan akhir atau dalam tahap kedewasaan dalm PLC.Ada dua model strategi ini yang bisa digunakan, antara lain:
  1. Imitator, yaitu memasuki pasar dengan cara menjual produk imitasi/tiruan. Tujuannya adalah untuk menjangkau bagian dari pasar yang tidak memiliki kesetiaan/loyalitas terhadap merek tertentu.
  2. Initiator, Yaitu memasuki pasar dengan strategi pemasaran non-konvensional. Initiator menanyakan kondisi status quo dan setelah mengembangkan berbagai pemikiran inovatif, lalu memasuki pasar dengan produk baru.
Tujuannya adalah untuk melayani kebutuhan pasar secara lebih baik daripada yang telah dilakukan oleh perusahaan-perusahaan yang sudah ada. Peluang sukses bagi initiator diperoleh melalui eksploitasi perubahan teknologi, menghindari persaingan langsung atau mengubah struktur bisnis yang sudah ada.

IV. STRATEGI KOMITMEN PASAR
Strong Commitment Strategy
Syarat-syarat yang harus dipenuhi antara lain:
  1. Perusahaan mampu beroperasi secara optimal dengan merealisasikan skala ekonomis dalm promosi, distribusi, pemanufakturan dll.
  2. Tidak cepat puas dengan situasi atau posisi yang telah dicapai saat ini.
  3. Memiliki sumber daya yang memadai.
  4. Keinginan dan kemampuan untuk mengambil resiko.
Average-Commitment Strategy
Syarat yang harus dipenuhi adalah bahwa perusahaan harus sanggup mengupayakan agar pelanggan tetap puas dan senang, sehingga mereka tidak mudah “dirayu” agar beralih ke pesaing.

Light-Commitment Strategy
Perusahaan hanya akan memiliki komitmen kecil terhadap pasar, hal ini karena pasar yang bersangkutan bersifaat stagnan, potensinya terbatas, telah dimasuki oleh banyak perusahaan besar atau karena faktor lainnya.

V. MARKET DILUTION STRATEGY
Strategi Demarking
Strategi demarketing merupakan kebalikan dari strategi pemasaran. Strategi pemasaran bertujuan untuk menarik minat dari sebanyak –banyak mungkin pelanggan terhadap produk jasa yang ditawarkan oleh perusahaan.sedangkan dalam strategi demarketing, perusahaan melakukan berbagai upaya untuk mengurangi minat para pelanggan pada umumnya atau sekelompok kelas pelanggan tertentu untuk mencari produk yang dihasilkan perusahaan, baik secara temporer maupun permanen.

Tujuan strategi demarketing adalah untuk mempertahankan goodwill pelanggan selama periode dimana permintaan pelanggan tidak dapat terpenuhi semua.
Cara menerapkan strategi demarketing, yaitu
  1. Dalam kondisi permintaan yang jauh melampaui kapasitas penawaran, perusahaan dapat lebih mengutamakan waktu dibutuhkan suatu produk dari pada saat konfirmasinya. Pemenuhan kebutuhan yang mendesak akan diutamakan (First Need, First Served)
  2. Mendistribusikan persediaan kepada para pelanggan yang berbeda secara adil (sama rata).
  3. Menyarankan para pelanggan agar untuk sementara waktu menggunakan produk subsitusi.
  4. Mengalihkan para pelanggan yang sangat membutuhkan produk dalam waktu mendesak kepada para pelanggan yang telah mendapatkan produk dari perusahaan yang telah mendapatkan produk dari perusahaan tetepi belum akan menggunakannya dalam waktu dekat.
Pruning of Marginal - Market Strategi
Syarat utama agar dapat melaksanakan srategi ini adalah adanya keinginan untuk mengubah status quo dan beralih ke pasar yang sedang berkembang. Hasil yang diharapkan dari strategi ini adalah pertumbuhan jangka panjang dan peningkatan return on investment(ROI). Misalnya ada sebuah penerbit yang menerbitkan buku-buku bertema tegnologi, komputer, ekonomi, filsafat dan teknik, berdasarkan pemantaun ternyata diketahui segmen pasar buku filsafat tidak menguntungkan, sementara segmen lainnya tumbuh pesat. Bila perusahaan menerapkan pruning-of-margianl-markets strategy, maka buku filsafat ditinggalkan, sehingga penerbit dapat berkonsentrasi pada penerbit buku tegnologi

Key Market Strategy
Faktor-faktor yang diperlukan agar strategi ini efektif adalah
  1. Fokus yang kuat dan disesuaikan dengan perbedaan lingkungan. Artinya perusahaan tidak perlu melakukan segala cara atau taktik bersaing, melainkan secara cermat sesuai dengan situasi persaingan dan lingkungan pasar yang dilayani
  2. Reputasi atas kualitas tinggi
  3. Harga yang relatif murah untuk produk yang berkualitas tinggi
  4. Biaya total yang rendah, sehingga memungkinkan penawaran produk berkualitas tinggi dengan harga murah dan tetap memberikan laba besar.
Harvesting Strategy
Kadangkala perusahaan sengaja memutuskan untuk membiarkan pangsa pasar turun. Terutama bila suatu produk telah mencapai titik jenuh, sehingga dukungan terus menerus untuk mempertahankan pangsa pasar yang besar tidak sebanding dengan hasil yang diperoleh.

Tujuan perusahaan mengupayakan laba jangka pendek dengan cara menurunkan kualitas atau mengurangi iklan adalah
  1. untuk menghasilkan aliran kas tambahan
  2. untuk meningkatkan laba jangka pendek
  3. untuk menghindari tindakan anti trust
sumber:http://www.tenagasosial.com

Teori Barang Dan Jasa

Barang Dan Jasa

Barang dan Jasa
         Barang adalah setiap benda yang dibutuhkan manusia karena berguna atau bermanfaat (useful).
         Barang berguna bagi manusia karena beberapa sebab, yaitu :
1.      Form Utilty (berguna karena bentuknya). Maksudnya adalah bahwa sesuatu barang itu menjadi berguna bagi manusia sebab bentuknya memenuhi syarat,atau sesuatu benda menjadi berguna bagi manusia setelah bentuknya diubah untuk disesuaikan dengan keadaan.
2.      Time Utility (berguna karena waktu) bahwa sesuatu barang manjadi bermanfaat bagi manusia karena segera digunakan atau karena dsimpan terlebih dahulu untuk nanti digunakan pada saat yang tepat .
3.      Place Utility (berguna karena tempatnya) artinya sesuatu barang mejadi bermanfaat bagi manusia karena tempatnya atau karena sudah dipindahkan tempatnya.
4.      Own Utility  (berguna karena kepemilikannya) artinya  sesuatu barang mejadi bermanfaat bagi manusia karena barang tersebut dimiliki dan tidak lagi (atau : kurang ) berguna jika tidak dimiliki
5.      Element Utilty (Berguna karena unsurnya). Misalnya, tanah di Kalimantan Barat yang amat besar kadar humusnya, tanah di Saudi Arabia yang mengandung emas hitam atau emas cair atau minyak tanah.
Barang dibagi menjadi tiga yaitu :
1.         Pembagian barang menurut penyediannya.
Dalam hal ini barang dibagi menadi dua yaitu :
a.              Barang-barang bebas (Free Goods) yaitu barang-barang yang tersedia berlimpah-limpah, dan setiap orang dapat memperolehnya dengan bebas dengan cara yang terlampau mudah.
b.             Barang-barang ekonomi (Economic Goods) yaitu barang-barang yang penyediaanya relatif jarang atau langka (scarce)
2.         Pembagian barang menurut daya tahannya di bagi menjadi :
a.              Barang-barang tahan lama (durable goods) adalah barang-barang yang bisa dipakai lebih dari sekali.
b.             Barang-barang tidak tahan lama (perishable goods atau non durable goods) adalah barang-barang yang akan segera lenyap atau habis dengan sekali pakai saja.
3.         Pembagian barang menurut penggunanya di bagi menjadi dua pula yaitu :
a.            Barang-barang konsumsi (consumption goods) adalah barang-barang yang langsung dapat dipakai atau dinikmati.
b.           Barang-barang investasi (Investment goods) adalah barang-barang yang hanya dapat dinikmati hasilnya; jadi bukan barang itu sendirilah yang dinikmati, melainkan hasilnya.
Barang (goods) dan jasa (service).  Jasa (service) adalah tidakan-tindakan ekonomis, yang dilakukan oleh individu-individu maupun oleh bisnis serta mampu memenuhi kebutuhan manusia. Untuk selanjutnya dan pada umumnya di beberapa literatur menyebutkan good berarti di dalamnya termasuk barang jasa Perbedaan baran dan jasa adalah :
1.       Perbedaan Teknis
Barang berwujud dan jasa tidak berwujud
2.       Perbedaan ekonomi
   Barang terdapat tenggang waktu antara produksi dan konsumsi sedangkan jasa tida ada tenggang waktu antara produksi dan konsumsi.
Kebutuhan Manusia
         Kebutuhan manusia bertingkat-tingkat adanya.
1.       Pada tingkat pertama –primary needs atau kebutuhan primer.
2.       Pada tingkat kedua –secondaryy needs atau kebutuhan sekunder.
3.       Pada tingkat ketiga –Tertiary needs atau kebutuhan tersier.
4.       Pada tingkat keempat –quqrtiqry needs
Produksi
Produksi adalah setiap proses  yang menciptakan nilai atau memperbesar nilai sesuatu barang. Atau juga bisa diartikan setiap usaha yang menciptakan atau memperbesar daya guna barang. Untuk bisa melakukan produksi, orang memerlukan tenaga manusia, sumber-sumber alam, modal dalam segala bentuknya, serta kecakapan. Semua unsur itu disebut factor-faktor  produksi (factors of productions). Jadi,  semua  unsur itu yang menopang usaha penciptaan nilai atau usaha memperbesar nilai barang disebut sebagai factor-faktor produksi. Faktor-faktor produksi terdiri atas :
a.              Tanah  (land) atau sumber daya alam (natural resources) yang dimaksud adalah segala sesuatu yang bisa menjadi factor produksi dan berasal dari atau disediakan oleh alam, yang antara lain meliputi :
1.             Tenaga penumbuh daripada tanah, baik untuk pertanian, perikanan, maupun pertambangan;
2.             Tenaga air, baik untuk pengairan, penggaraman, maupun pelayaran. Termasuk juga di sini adalah misalnya air yang dipakai sebagai bahan pokok oleh perusahaan air minum;
3.             Ikan dan mineral, baik ikan dan mineral darat(sunga, danau, tambak, kuala,dsb.) maupun ikan dan mineral laut.
4.             Tanah yang diatas didirikan bangunan
5.             Living stock, seperti ternak dan binatang-binatang lain yang bukan ternak;
6.             Iklim, cuaca, curah hujna, arus angin dan sebangsanya;
7.             dan lain-lainnya, seperti bebatuan dan kayu-kayuan.
b.             Tenaga Kerja (labor) dan sumber daya manusia (human resources)
Di dalam human resources tercakup tidak saja tenaga fisik atau tenaga jasmani manusia tetapi juga kemampuan mental atau kemampuan non fisiknya, tenaga terdidik, tanaga tidak terdidik, tenaga terampil dan tenaga yang tidak terampil. Human resources bisa diartikan  semua kemampuan manusiawi yang dapat disumbangkan untuk memungkinkan dilakukannya produksi barang-barang dan jasa-jasa.
c.              Modal (capital) atau Barang-barang modal riil (real capital goods), yang  meliputi semua jenis barang dan jasa yang dibuat untuk menunjang kegiatan produksi barang-barang lain serta jasa-jasa. Misalnya mesin-mesin, pabrik-pabrik, jalan-jalan raya, pembangkit tenaga listrik, gudang serta peralatan-peralatannya. Pengertian capital (modal) sebagaimana yang dimaksud tersebut merupakan salah daripada pegertian modal seluruhnya, sebagimana yang sering dipergunakan oleh para ahli ekonomi. Sebab, modal jug mencakup arti uang yang tersedia di dalam perusahaan untuk membeli mesin-mesin serta factor produksi lainnya. Maka, pentinglah untuk membedakan dengan tegas perbedaan antara barang modal riil (capital real goods) dan modal uang (money capital). Modal uang (money capital) yakni dana yang yang digunakan untuk membeli barang-barang modal dan factor produksi lainnya. Yang  dimaksud dengan modal dalam factor-faktor produksi adalah barang-barang modal bukan modal uang. Produksi meliputi produksi barang-barang konsumsi dan produksi yang menghasilkan barang-barang modal. Oleh karena itu adalah istilah produksi tidak langsung (indirect production) yaitu pembuatan suatu alat, sebuah mesin ataupun setiap jenis barang modal, yang pada dasarnya akan membantu dalam hal pembuatan barang-barang yang dipakai langsung (atau barang-barang konsumsi), untuk memenuhi kebutuhan manusia.
          d. Kecakapan tata laksana (entrepreneurship) merupakan factor produksi yang intangible (tak dapat diraba) tetapi sekalipun demikian peranannya justru amat menentukan.
                   Keempat faktor produksi yang telah disebutkan diatas, adalah unsur-unsur yang harus           bekerja demi terlaksananya  proses produksi yang akan menuntut balas jasa atas hasil kerjanya. Balas jasa untuk factor-faktor adalah sebagai berikut :
1.             Tanah atau sumber daya alam adalah sewa (rent).
2.             Tenaga kerja (labor) atau sumber daya manusia (human resources) adalah upah (wage), gaji (salary) dan royalty.
3.             Modal (capital) atau capital resources adalah bunga (interest)
4.             Kecakapan tata laksana (entrepreneurship) adalah laba (profit)
sumber: http://www.tenagasosial.com