13 January 2016

Alasan Gamer Hemat Dalam Menggunakan Item di RPG, Ini Alasannya…

Alasan Gamer Hemat Dalam Menggunakan Item di RPG, Ini Alasannya…


Item Hoarder | FeaturedBanyak Gamer Cukup Pelit dalam Menggunakan Item di RPG, Ini Dia Alasannya
sebagai seorang gamer yang menggandrungi RPG (dan berbagai genre lain tentunya), tapi di sini saya akan fokus pada RPG), pasti kamu akan bertemu dengan yang namanya item. Barang dengan berbagai fungsi ini bisa kamu temukan ketika berhasil mengalahkan musuh, membuka harta karun, atau beli di toko yang dijaga oleh NPC (Non-Playable Character).
Di waktu-waktu tertentu, ketika HP karaktermu mulai menipis, mati atau sekarat, terkena racun, dan keadaan merugikan lainnya, item akan menyelamatkanmu. Begitu juga ketika kamu ingin menjadi lebih kuat, lebih cepat, dan memberikan serangan ke musuh, item juga dapat menjadi pilihan.
Walau dengan berbagai fungsi tersebut, jujur saya mungkin salah satu dari gamer yang malas untuk menggunakan item secara reguler. Sering kali saya memaksakan diri untuk tidak memakai item sama sekali kecuali ketika melawan bos. Hal ini saya lakukan sejak memainkanChrono TriggerFinal Fantasy IX, hingga Fallout 3 dan Skyrim.
Bahkan di Fallout 3 saya tidak pernah menyentuh itemdengan jenis drug sama sekali. Begitu juga dengan Skyrim, saya melakukan aktivitas alchemy hanya untuk semata-mata meningkatkan level saya saja (dan tak saya sentuh sama sekali di bagian tengah permainan). Di berbagai JRPG yang saya mainkan, healer lah yang bekerja memulihkan anggota tim saya.
Lalu apa alasannya saya begitu “pelit” menggunakan barang yang jelas-jelas ada untuk digunakan? Berikut adalah alasan saya.

Menghemat Uang

One Gil Final Fantasy | Artwork
Tak hanya di kehidupan nyata, di kehidupan dalam gamepun semboyan “hemat pangkal kaya” juga berlaku. Semakin jarang kamu menggunakan item, maka frekuensi kamu harus belanja di toko item pun akan semakin sedikit.
Hasilnya, uang kamu pun tetap terjaga untuk membeli barang-barang yang lebih penting lagi, seperti senjata,armor, dan lain sebagainya. Hal ini biasanya terasa sangat berpengaruh ketika kamu masih berada di awal-awalgame, ketika mencari uang masih sulit.

Bersiap untuk Melawan Bos

Final Fantasy X | Screenshot
Biasanya saya hanya menggunakan item jika melawan bos, dan hanya jika harus. Di beberapa RPG sepertiLegend of The Dragoon (PS1), bahkan saya tidak menggunakan item consumablesama sekali ketika melawan beberapa bos. Cukup mengandalkan sanghealer.
Di sinilah banyaknya item yang sudah saya koleksi sepanjang perjalanan dipakai. Terkadang saya kesal jika harus menggunakan terlalu banyak item, yang artinya saya harus belanja, atau jika beruntung mendapatkannya kembali dari loot monster atau harta karun.

Keep It Simple, Stupid

Meme Item | Photo
Siapa sih yang punya waktu untuk mengelola banyak itemdengan segudang nama dan fungsi itu? Apalagi dengan RPG  berfitur alchemy yang mengharuskan kamu mengoleksi berbagai jenis bahan baku. Itu sepertinya sudah menjadi satu game tersendiri.
Bukan berarti fitur tersebut jelek ya, sama sekali tidak. Akan tetapi di tengah berbagai fitur, statistik, skill, dan lainnya, saya mencoba untuk mengurangi faktor-faktor yang harus saya pikirkan, salah satunya adalah mengelola item.

Sebuah Kepuasan Tersendiri

Healing Items | Meme
Baiklah, lupakan alasan-alasan saya sebelumnya. Sebenarnya ini saja alasan saya pelit menggunakan item. Ketiga alasan di atas hanyalah untuk menutup-nutupi hasrat aneh dalam diri saya ini.
Secara tidak sadar (atau baru saya sadari sekarang), menggunakan item sesedikit mungkin adalah sebuah pencapaian yang membuat saya puas, walau secara resmi sepertinya belum ada game yang saya mainkan memiliki medali untuk pencapaian ini. Tampaknya ini merupakan obsesi bagi saya ketika bermain game.
Rasanya puas sekali ketika saya berhasil menyusun partyyang dapat bertahan hidup tanpa menggunakan satu punitem pun hingga ke titik save/heal selanjutnya. Untuk itu, saya menyusun party yang sesuai dan seimbang agar pada setiap kesempatan bisa melakukan healtanpa menggunakan item.
Lalu ketika terlalu banyak item yang saya dapatkan dariloot atau harta karun, bisa dijual ke toko. Dasar pelit.
Dalam kasus WRPG yang menggunakan satu karakter saja, saya selalu siap sedia denganmagic untuk melakukan heal atau mencari cara agar HP saya tidak berkurang sama sekali, yaitu dengan stealth. Ketahuan dan dikeroyok? Kabur. Mati? Sudah risiko.

Itulah beberapa alasan yang hanya sekadar basa-basi dalam rangka menutupi obsesi saya untuk tidak menggunakan item di dalam game.
Apakah kamu memiliki kebiasaan yang sama dengan saya? Atau kamu justru gamer yang sangat bersahabat dengan item? Kalau iya, bagaimana kamu mengelolanya? Mari bagikan di sini!
Sumber Gambar: Deviant Art
Sumber Artikel: id.techinasia.com /Arya W. Wibowo

Artikel Terkait

Alasan Gamer Hemat Dalam Menggunakan Item di RPG, Ini Alasannya…
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email

Blogger news