13 January 2016

Cara Mudah dan Lengkap Membuat Website Gratis Di Idhostinger

Cara Membuat Website Gratis Di Idhostinger . IdHostinger merupakan sebuah web hosting yang menyediakan hosting gratis dengan menawarkan beberapa kelebihan bagi penggunanya. Kita bisa membangun sebuah website hanya dalam itungan menit saja.

Dalam artikel kali ini saya akan membahas cara pendaftaran di IdHostinger dan pengetahuan dasar dari pelayanan IdHostinger.

Berikut adalah cara daftar di Idhostinger :

1. Masuk kesitus Idhostinger .
2. Klik buat akun pada pojok kanan , maka akan muncul tampilan seperti dibawah ini. Tinggal pilih saja untuk daftar dalam sekali klik dengan menggunakan  akun facebook atau google.




3. Silahkan cek e-mail dan konfirmasi pendaftaran anda.

4. Akun anda sudah jadi dan silahkan buat domain di cpanel .
Ada baiknya kita mengenal terlebih dahulu pengetahuan dasar dari layanan IdHostinger untuk membantu kita dalam membangun sebuah website.
Berikut adalah pengetahuan dasar layanan :
Bagaimana Cara Mengupload File 

1. Silahkan masuk pada Kontrol Panel Anda dan pilih menu Akses FTP untuk mengetahui detail FTP Anda

2. Lakukan koneksi dengan menggunakan FTP client dan upload semua file Anda ke dalam direktori public_html

Atau

1. Masuk ke dalam Kontrol Panel dan pilih File Manager 1 atau File Manager 2

2.Silahkan pilih folder public_html dan upload semua file website Anda dalam folder tersebut
Berapa lama waktu yang dibutuhkan sebelum domain saya aktif? 
Setelah Anda mengupdate nameserver, biasanya dibutuhkan waktu 12-72 jam. Proses ini disebut dengan pointing atau integrasi atau propagasi.
Bisakah saya mengubah nama domain saya? 
Tidak bisa! Karena alasan keamanan, Anda tidak dapat mengubah nama domain Anda. Namun Anda dapat menggunakan fungsi  "Delete Account/Hapus Akun" dan kemudian membuat akun baru dengan domain yang Anda inginkan.
Apakah Anda mendukung semua domain? 
Ya. Kami mendukung semua ekstensi domain termasuk juga domain asing. Misalnya .US .UK .BIZ .CC .AU

Pertanyaan yang sering muncul :
1. Bagaimana cara mengetahui dan mengubah setting DNS saya (MX, A, CNAME)? 
Untuk dapat mengubah dan melihat Setting DNS (MX record, A record, C NAME) Anda saat ini, silahkan klik pada menu "DNS Zone editor" di Kontrol Panel Anda.
Bisakah saya merubah MX Records? 
Bisa! Sistem Kontrol Panel kami mengizinkan Anda untuk mengubah MX Mail Records dengan mudah. Silahkan login di Kontrol Panel Anda dan klik pada ikon "MX Record".
Apakah Anda mendukung IMAP? 
IMAP merupakan kepanjangan dari Internet Message Access Protocol. Kami mendukung penuh layanan IMAP. Server IMAP memungkinkan Anda untuk menggunakan email client canggih seperti Outlook atau Netscape Mail. Selain itu, Anda juga dapat menggunakan clien IMAP berbasis web seperti SquirrelMail atau Horde.

*Catatan: Untuk menggunakan IMAP, Port 143 harus dibuka.
Saya tidak dapat mengirim email? 
Pertama, domain Anda harus terpoin/terintegrasi dengan name server kami. Kemudian gunakan "mail.yourdomain.com" sebagai server SMTP di pengaturan Email Anda. Server kami menggunakan SMTP Authentication yang artinya Anda harus mengkonfigurasi email client Anda untuk dapat mengotentikasi username dan password Anda, sama ketika Anda akan mengecek email. Anda dapat menemukan detail SMTP, IMAP dan POP3 di menu Detail yang ada di Kontrol Panel Anda.
Alternatif lainnya, Anda dapat menggunakan Webmail untuk mengecek dan mengirim email.
2. Bagaimana cara mengecek email saya melalui web browser secara langsung (webmail)? 
Silahkan Login pada http://webmail.main-hosting.com
Gunakan username dan password email yang diberikan ketika Anda membuat akun email baru dari Kontrol Panel Anda.

3. Sudah upload file, tapi saya masih melihat halaman selamat datang/welcome page? 
Jika Anda telah meng-upload file dan masih melihat hamalan Selamat Datang / Welcome page atau halaman "parent directory", itu artinya Anda meng-upload pada direktori/folder yang salah. Pastikan Anda meng-upload file pada direktori "public_html". Selain itu, Anda juga harus menghapus file index.html atau index.php yang ada ketika Akun Anda baru saja dibuat. File ini sengaja kami buat untuk memberitahu Anda bahwa Akun Anda telah aktif.

Bagaimana cara mengakses Akun utama FTP melalui web browser? 
Silahkan melakukan Login ke Kontrol Panel Anda, kemudian pilihlah ikon "File Manager 1" atau "File Manager 2" pada tab "File"

Bagaimana cara menambah/membuat Akun FTP? 

Silahkan login di Kontrol Panel Anda. Setelah itu, pilih ikon "Akun FTP" pada tab "File". Silahkan isikan detail Akun FTP serta direktori apa saja yang dapat diakses pada halaman tersebut.

Bagaimana cara mengubah hak akses (permissions) file dan folder? 

Hampir semua software FTP client memiliki pilihan untuk mengatur hak akses file dan folder (file anda folder permissions). Biasanya menu ini dapat dijumpai dengan cara melakukan klik kanan pada file atau folder. Selain itu, jJangan lupa untuk membaca petunjuk penggunaan software FTP clien Anda untuk mendapatkan informasi ini.

Apakah Anda mendukung URL yang search engine friendly (SEF)? 

Ya. Kami sangat mendukung URL yang search engine friendly, namun perlu diketahui bahwa kami menggunakan virtual user directory paths, sehingga Anda mungkin akan mendapatkan error sewaktu mensetting URL menjadi SEF. Untuk menyelesaikannya, silhakan edit file .htaccess Anda dan tambahkanlah perintah berikut:
RewriteBase /Catatan: Jika Anda menginstall script Anda di beberapa direktori, misalnya pada direktori /forum, maka Anda harus mengubah perintah menjadi RewriteBase /forum/ pada file .htaccess Anda (file .htaccess Anda juga harus berada pada direktori /forum).

Bisakah Saya connect dengan MySQL melalui komputer saya secara langsung? 
Tidak bisa. Karena alasan keamanan dan performa server maka kami menon-aktifkan fitur remote MySQL. Anda hanya dapat terhubung dengan MySQL melalui script PHP yang berada dalam server kami.

Host name MySQL apa yang digunakan? 
Silahkan Login ke menu Kontrol Panel Anda dan klik ikon 'MySQL'. Hostname MySQL Anda akan terlihat di sana.
Penting! Jangan gunakan 'localhost' sebagai hostname MySQL karena Anda akan mendapatkan pesan ERROR.

Bagaimana Caranya Membuat Database MySQL? 
Untuk membuat database MySQL, silahkan login ke Kontrol Panel Anda dan pilih menu 'MySQL Databases'. Masukkan nama dan user untuk database MySQL Anda.
Setelah Anda berhasil membuat database dan username MySQL, Anda dapat melakukan pengaturan database Anda melalui PhpMyAdmin dalam menu Kontrol Panel Anda.

Bagaimana, mudah bukan cara membuat sebuah website menggunakan layanan IdHostinger ? :D


Jika masih kurang paham silahkan komentar dibawah ini / kunjungi situs resmi www.idhostinger.com :)

Artikel Terkait

Cara Mudah dan Lengkap Membuat Website Gratis Di Idhostinger
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email