13 January 2016

Cara Mudah menghubungkan domain Dot TK ke hosting Idhostinger

Cara Menghubungkan Domain Dot TK Ke Hosting Idhostinger



Cara menghubungkan domain Dot TK ke hosting Idhostinger - Pada kesempatan ini saya akan membagikan pengalaman saya tentang cara membuat blog dengan menggunakan self hosting atau dengan menggunkan hostingan sendiri menggunakan platfrom Wordpress. Untuk membuat blog professional dengan platfrom Wordpress, sebelumnya anda harus mempersiapkan domain dan hosting terlebih dahulu, dalam hal ini saya menggunkan domain dari Freenom dan hosting dari Idhostinger. .  Seperti yang kita tahu bahwa domain TDL dari Freenom (Dot TK) bisa kita dapatkan secara gratis selama satu tahun, begitu juga dengan layanan hosting dari Idhostinger pun bisa kita dapatkan juga secara gratis. Dengan begitu kita bisa membuat blog Wordpress self hosting yang proffesional tanpa mengeluarkan biaya sepeserpun alias gratis.

Dengan menggunakan hosting sendiri, anda tidak hanya bisa membuat blog proffesional saja meliankan anda juga bisa membuat website proffesional untuk bisnis anda dan tentunya tanpa mengeluarkan biaya sepeserpun.

Dalam menghubungkan domain dengan hosting Idhostinger kita harus melalui dua tahap yaitu mendaftar domain Dot Tk di Freenom dan mendaftar hosting gratis di Idhostinger. Di bawah ini adalah langkah-langkah lengkapnya.

Berikut adalah Cara Mendaftar Domain Gratis di Freenom :

1. Langkah pertama silahkan anda kunjungi situs Freenom.com terlebih dahulu untuk mendaftarkan domain gratis.
2. Silahkan anda isi nama domain yang anda inginkan, contohnya sophiasawebs.tk


 3. Jika domain yang anda masukan tersedia, maka akan tampak seperti gambar di bawah ini.


4. Pada menu More Info silahkan ubah menjadi 12 Months agar masa domain gratis anda lebih panjang. Jika sudah silahkan klik Order Now.
5. Maka anda akan melihat orderan anda silahkan saja langsung klik Continue.
6. Pada langkah ini, anda harus memverifikasi emain anda, silahkan masukkan email anda di kolom yang sudah di sediakan.


7. Jika sudah silahkan klik Verify My Email Address maka anda akan mendapatkan email, silahkan buka akun email anda untuk memverifikasi. Klik link yang di berikan oleh Freenom, maka anda akan di arahkan ke halaman Checkout.
8. Pada langkah ini, silahkan anda isi  identitas anda dan membuat password untuk login ke akun anda dan juga jangan lupa beri persetujuan pada Terms & Conditions dengan memberi ceklis.


9. Jika sudah, silahkan klik Complete Order.

Sampai disini anda sudah berhasil mendapatkan domain TK gratis dari FreenomLangkah selanjutnya silahkan anda mendaftar hosting di Idhostinger.

Cara Mendaftar Hosting Gratis di Idhostinger :

1. Langkah pertama silahkan anda kunjungi situs Idhostinger.com
2. Jika anda belum memiliki akun, anda bisa mendaftarnya terlebih dahulu, cara mendaftarnya anda bisa melihat pada postingan saya sebelumnya silahkan lihat disini.
3. Pada halaman beranda, silahkan anda pilih Hosting Baru.


4. Silahkan anda pilih paket hosting yang gratis, lalu klik Order


5. Pada langkah ini silahkan ubah tipe subdomain ke domain. Pada kolom domain anda isikan domain yang sudah anda daftarkan tadi yaitu sophiasawebs.tk. Jangan lupa isi juga passwordnya. Silahkan lihat gambar di bawah ini.  

6. Jika sudah silahkan klik Lanjutkan.
7. Pada langkah ini silahkan anda masukkan kode Capthah lalu beri persetujuan pada ketentuan pengguna layanan dengan memberi ceklis. Jika sudah silahkan klik Order.



8. Sampai disini anda sudah berhasil mendaftar hosting dengan domain sophiasawebs.tk tetapi statusnya masih belum aktiv. Silahkan anda klik apda domain tersebut kemudian pilihkelola.


 9. Maka anda akan diarahkan ke beranda Cpanel. Setelah anda masuk ke Cpanel anda akan mendapatkan peringatan bahwah domain anda belum di hubungkan ke NameserverIdhostinger.


10. Untuk melihat Nameserver dari Idhostinger silahkan anda pilih Detail. 


11. Sekarang kita sudah melihat Nameserver-nya.
- ns1.idhostinger.com
- ns2.idhostinger.com
- ns3.idhostinger.com
- ns4.idhostinger.com


12. Sekrang kita masuk ke dashboard Freenom lalu pilih Domains > My Domain


13. Lalu pilih Mange Domain.

14. Lalu pada menu manage silahkan pilih Management Tool > Nameserver.

 15. Pada langkah ini silahkan anda pilih Use custom nameserver (enter below) lalu silahkan anda masukan nameserver dari Idhostinger tadi. Lihat gambar di bawah ini.


16. Jika sudah makan silahkan klik Change Nameserver. 
17. Silahkan tunggu hingga beberapa menit atau maksimal 24 jam agar domain anda bisa di akses.

Jika domain anda sudah bisa di akses maka akan tampak seperti ini.


 Anda juga bisa melihat contohnya di sophiasawebs.tk.

Nah gimana cukup jelas kan tutorialnya, jika ada yang kurang jelas, silahkan anda tanyakan pada kolom komentar di bawah. Sbenarnya bukan hanya domain .TK saja yang bisa di hubungkan ke Idhostinger, melainkan semua domain gratis dari Freenom bisa kita hubungkan seperti .GA, .GQ, .CF dan .ML caranya sama saja seperti cara yang di atas. Nah, itulah ulasan tentang cara menghubungkan domain dot TK ke Hosting Idhostinger. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat. :D

Sumber: panduanidhostinger.blogspot.co.id

Artikel Terkait

Cara Mudah menghubungkan domain Dot TK ke hosting Idhostinger
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email